Kamis, 12 Januari 2017

Manfaat Zaitun Untuk Sistem Kardiovaskuler Manusia

Minyak zaitun umumnya diambil dari buah pohon zaitun. Dalam 1 sdm minyak zaitun terdapat 120 kalori, 14 gr lemak (9,8 gr merupakan lemak tak jenuh), 1 mg vitamin K, serta 9 mg vitamin E. Minyak yang bebas kandungan gula, karbohidrat, maupun protein ini juga tinggi kandungan vitamin A-nya. Zat-zat ini yang membuat minyak zaitun banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.


Beberapa studi mendapati pola makan yang melibatkan lemak tak jenuh mampu menurunkan kadar LDL serta trigliserida, dan menaikkan HDL (kolesterol baik). Hasil ini didapati jauh lebih baik dibanding diet rendah lemak atau tinggi karbohidrat. Semua ini berkat antioksidan polifenol yang bersifat antiradang dan baik untuk kesehatan kardiovaskuler. 

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cardiovascular Pharmacology, infeksi kronis yang biasanya membahayakan kesehatan arteri dan jantung pun bisa dihindari karena minyak zaitun membantu memutarbalikkan efek radang tersebut.

Menurunkan tekanan darah tinggi Riset serupa menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat menurunkan hipertensi karena minyak ini membuat nitrit oksida lebih aktif sehingga kapasitas pembuluh darah jadi lebih luas dan bersih. (Sumber: Mediskus)

0 komentar: